Repository Universitas Andalas

The Portrait of Black Women's Position Under Patriarchal Oppression in Alice Walker's The Color Purple

Flana, Tori Yeda (2010) The Portrait of Black Women's Position Under Patriarchal Oppression in Alice Walker's The Color Purple. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (The Portrait of Black Women's Position Under Patriarchal Oppression in Alice Walker's The Color Purple) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (975Kb) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul "The Portrait of Black Women's Position Under Patriarchal Oppression in Alice Walker's The Color Purple" ini membahas tentang perjuangan wanita kulit hitam yang selalu mendapatkan penindasan dan dominasi dari kaum pria kulit hitam. Dalam penelitian ini, penulis terlebih dulu melihat jenis-jenis penindasan yang dilakukan kaum pria kepada wanita kulit hitam dan kemudian dilanjutkan dengan perjuangan dari wanita kulit hitam untuk membebaskan diri dari penindasan tersebut. Penulis menganalisis novel ini berdasarkan sudut pandang feminis dan menggunakan teori kritik sastra feminis yang dikemukakan oleh Elaine Showalter, Woman as Writer. Melalui teori ini, penulis menganalisis gambaran ketertindasan yang dialami wanita dalam karya sastra penulis wanita. Untuk mendukung teori ini, penulis menggunakan teori Black Feminist oleh Barbara Smith karena dominasi ini dialami oleh wanita kulit hitam dan penulis novel juga merupakan wanita kulit hitam. Analisis diawali dengan analisa latar, plot, sudut pandang, karakter dan tema. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana data dan analisis di ambil dari novel itu sendiri dan sumber-sumber lainnya berasal dari buku, artikel dan pencarian menggunakan internet. Dalam penelitian ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa pria kulit hitam selalu menempatkan wanita kulit hitam sebagai inferior dan tidak punya hak untuk melakukan pekerjaan di luar rumah. Sebagai superior, pria kulit hitam selalu melakukan penindasan dalam kehidupan berumah tangga dan memberikan batasan dalam bidang pendidikan serta pekerjaan. Penindasan tersebut membuat wanita kulit hitam menjadi pasif dan tidak bebas dalam berekspresi. Sehingga untuk lepas dari penindasan wanita kulit hitam harus berani untuk berjuang. Perjuangan ini dilakukan agar wanita kulit hitam memiliki persamaan hak dan posisi dengan pria kulit hitam dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:26
Last Modified: 22 Sep 2011 04:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item