Repository Universitas Andalas

A STYLISTIC ANALYSIS OF LEXICAL COHESION AS FOUND IN WILLIAM FAULKNER'S SHORT STORY "BARN BURNING"

Adeliza, Fitra (2010) A STYLISTIC ANALYSIS OF LEXICAL COHESION AS FOUND IN WILLIAM FAULKNER'S SHORT STORY "BARN BURNING". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (A STYLISTIC ANALYSIS OF LEXICAL COHESION AS FOUND IN WILLIAM FAULKNER'S SHORT STORY "BARN BURNING") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (542Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tentang kemunculan kohesi leksikal yang terdapat dalam cerita pendek karya William Faulkner. William Faulkner adalah salah satu penulis Amerika yang tulisannya menginspirasi karya-karya tulisan modern sekarang ini. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui tipe kohesi leksikal yang muncul, apa efeknya yang ditangkap oleh pembaca dari kemunculan kohesi leksikal serta apa makna sastra yang bisa ditangkap oleh pembaca dalam cerita tersebut. Data analisis diambil dari cerita pendek William Faulkner dengan judul Barn Burning dan dibatasi hanya sebanyak 20 paragraf. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan distribusional. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teori kohesi yang dikemukakan oleh Halliday dan Hasan (1976) dan teori stilistika oleh Peter Verdonk (2002) serta didukung dengan teori pengaplikasian stilistika analisis oleh Paul Simpson (2004). Data analisis disajikan secara deskiptif dan didukung dengan tabel yang digunakan untuk menggambarkan kohesi leksikal yang muncul dalam cerita tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kohesi leksikal yang paling banyak muncul adalah pengulangan (repetition) yang menekankan pada sesuatu hal yang terjadi dan kolokasi (collocation) yang melekat pada kata benda dan kata sifat yang menggambarkan subjek atau objek dalam cerita. Dari kemunculan kohesi leksikal diharapkan memudahkan pembaca dalam memahami makna dari cerita tersebut. Dari penggunaan kohesi leksikal dalam karyanya, pembaca dapat merasakan dan membayangkan karakter manusia yang keras, penuh dengan emosi, bebas dan liar seperti serigala yang disimbolkan oleh Faulkner dalam karyanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 07:35
Last Modified: 22 Sep 2011 07:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item View Item