Repository Universitas Andalas

THE PROCESSES OF WORD-FORMATION IN COMPUTER AND INTERNET TERMS AS FOUND IN MAXIMUM PC MAGAZINE JANUARY-MAY 2010

Andita, Riko (2010) THE PROCESSES OF WORD-FORMATION IN COMPUTER AND INTERNET TERMS AS FOUND IN MAXIMUM PC MAGAZINE JANUARY-MAY 2010. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE PROCESSES OF WORD-FORMATION IN COMPUTER AND INTERNET TERMS AS FOUND IN MAXIMUM PC MAGAZINE JANUARY-MAY 2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas proses pembentukan kata dalam istilah-istilah komputer dan internet yang terdapat dalam majalah komputer Maximum PC edisi bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipe-tipe proses pembentukan kata yang digunakan dan juga melihat aspek-aspek apa saja yang muncul pada istilah-istilah komputer dan internet dalam majalah tersebut sesuai dengan teori proses pembentukan kata yang digunakan. Teori yang digunakan untuk menganalisis data tersebut menggunakan teori Aronoff (1976) dengan cara mengelompokkan satuan kata yang identik yang muncul pada istilah-istilah komputer dan internet yang terdapat di majalah Maximum PC. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teori Bauer (1983) untuk menentukan proses pembentukan apa yang terjadi pada setiap data tersebut. Teori Bauer ini juga didukung dan dilengkapi oleh teori Katamba (1993), Carstairs-McCarthy (2002), dan juga Plag (2003). Ada tiga tahapan dalam penelitian ini. Tahap pertama, data dikumpulkan dengan metode observasi. Data dianalisis dengan metode agih. Hasil penelitian disampaikan dengan menggunakan deskripsi khas verbal dengan kata-kata (informal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam majalah Maximum PC terdapat empat macam proses pembentukan kata, yakni compounding, blending, clipping dan derivational. Proses yang paling banyak muncul adalah proses pembentukan kata compounding, yakni sebanyak 24 kata yang terdiri dari 8 kata mengalami proses endocentric compound dan 16 kata mengalami proses exocentric compound. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa dalam istilah-istilah komputer dan internet yang terdapat pada majalah Maximum PC proses pembentukan kata compounding adalah yang dominan muncul dan aspek yang mendasari pembentukan kata dalam istilah-istilah komputer dan internet dalam majalah tersebut adalah aspek semantik yang terdiri dari makna denotatif dan makna konotatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 07:48
Last Modified: 22 Sep 2011 07:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item