Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA SUMBER PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SAWAH DENGAN METODE SRI (The System of Rice Intensification)

Syah, Vadlaini (2010) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA SUMBER PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SAWAH DENGAN METODE SRI (The System of Rice Intensification). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA SUMBER PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SAWAH DENGAN METODE SRI (The System of Rice Intensification)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (713Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengaruh beberapa sumber pupuk terhadap pertumbuhan dan produksi padi sawah dengan metode SRI (The System of Rice Intensification) telah dilaksanakan di Kelurahan Koto Panjang, Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2009 sampai dengan bulan Mei 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber pupuk yang tepat terhadap pertumbuhan dan produksi padi sawah dengan metode SRI. Penelitian ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 4 perlakuan sumber pupuk dan 3 kelompok. Perlakuan tersebut terdiri dari: 100 % Pupuk NPK rekomendasi, 25 % pupuk NPK rekomendasi + kompos jerami padi, 25 % pupuk NPK rekomendasi + Titonia, 25 % pupuk NPK rekomendasi + Kotoran Sapi. Pupuk NPK rekomendasi adalah Urea 200 kg/ha, SP36 100 kg/ha KCl 100 kg/ha. Dosis kompos jerami padi, Titonia kotoran sapi masing-masingnya adalah 5 ton/ha. Data penelitian dianalisis secara statistik dengan uji F dan F hitung yang lebih besar dari nilai F tabel 5 % maka dilanjutkan dengan Duncan's Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan 25 % pupuk NPK rekomendasi + kompos jerami padi, 25 % pupuk NPK rekomendasi + Titonia, 25 % pupuk NPK rekomendasi + kotoran sapi memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan produksi padi sawah dengan metode SRI, tetapi 100 % pupuk NPK rekomendasi memberikan yang lebih baik dibandingkan ketiga sumber bahan organik yang ditambahkan 25 % pupuk NPK rekomendasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 04:00
Last Modified: 26 Sep 2011 04:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item