Repository Universitas Andalas

STATISTIK DEMOGRAFI WERENG COKLAT Nilaparvata lugens Stall (Homoptera: Delphacidae) PADA EMPAT VARIETAS TANAMAN PADI

Lusiana, Sucy (2010) STATISTIK DEMOGRAFI WERENG COKLAT Nilaparvata lugens Stall (Homoptera: Delphacidae) PADA EMPAT VARIETAS TANAMAN PADI. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (STATISTIK DEMOGRAFI WERENG COKLAT Nilaparvata lagens Stall (Homoptera: Delphacidae) PADA EMPAT VARIETAS TANAMAN PADI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (586Kb) | Preview

Abstract

Wereng coklat, Nilaparvata lugens Stall. adalah hama penting tanaman padi di Indonesia. Tabel kehidupan dan parameter demografi merupakan salah satu metode untuk menguji ketahanan tanaman terhadap serangga. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi statistik vital populasi wereng coklat pada empat varietas tanaman padi. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 varietas padi sebagai perlakuan dengan tiga kali ulangan. Varietas padi yang digunakan dalam penelitian ini adalah IR-42, Cisokan, Batang Piaman dan IR-64. paramater yang diamati adalah laju reproduksi bersih (Ro), rata-rata waktu generasi (T), laju pertumbuhan intrinsik (r) dan rata-rata jumlah keturunan betina per induk (GRR). Hasil penelitian menunjukan bahwa laju reproduksi bersih, waktu satu generasi, laju pertumbuhan intrinsik dan jumlah keturunan betina per induk berbeda nyata diantara ke empat varietas yang diuji. Laju reproduksi bersih, laju pertumbuhan intrinsik dan jumlah keturunan betina per induk pada varietas IR-64 dan Batang piaman lebih rendah dan waktu satu generasinya lebih lama dibandingkan dengan varietas IR-42 dan Cisokan. Berdasarkan parameter statistik demografi wereng coklat dapat disimpulkan bahwa padi varietas IR-64 dan Batang Piaman merupakan varietas yang tahan terhadap wereng coklat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 03:58
Last Modified: 26 Sep 2011 03:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item