Repository Universitas Andalas

PENGARUH SUMBER DAN TINGKAT KEHALUSAN BAHAN ORGANIK TERHADAP STABILITAS AGREGAT ULTISOL LIMAU MANIS

Anggraini, Febrian (2010) PENGARUH SUMBER DAN TINGKAT KEHALUSAN BAHAN ORGANIK TERHADAP STABILITAS AGREGAT ULTISOL LIMAU MANIS. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH SUMBER DAN TINGKAT KEHALUSAN BAHAN ORGANIK TERHADAP STABILITAS AGREGAT ULTISOL LIMAU MANIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (525Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai pengamatan pengaruh pemberian sumber dan tingkat kehalusan bahan organik yang berbeda terhadap stabilitas agregat Ultisol Limau Manis. Penelitian ini telah dilaksanakan dari November 2008 sampai April 2009 di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, dilanjutkan dengan analisis tanah di Laboratorium Fisika dan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian ini merupakan percobaan pot dalam bentuk Rancangan Acak Lengkap dengan 15 perlakuan (kombinasi pupuk hijau dan tingkat kehalusan bahan organik) dengan 4 ulangan yang ditempatkan secara acak di rumah kaca. Data dianalisis secara statistik dan untuk F hitung > F tabel (berbeda nyata) maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bahan organik dari berbagai sumber dan tingkat kehalusan yang berbeda dapat meningkatkan kandungan bahan organik Ultisol Limau Manis. Pemberian Titonia potongan 0,5 cm sebagai sumber bahan organik memberikan peningkatan kandungan bahan organik paling tinggi yakni sebesar 3,46 % dibandingkan tanah awal (1,23 %) setelah 3 bulan diinkubasi. Titonia dengan potongan 0,5 cm merupakan teknik pemotongan bahan organik yang terbaik dalam memperbaiki indeks stabilitas agregat Ultisol Limau Manis sebesar 78,99 setelah 3 bulan diinkubasi. Terdapat korelasi positif antara kandungan bahan organik tanah dengan peningkatan indeks stabilitas agregat Ultisol Limau Manis. Usaha untuk memperbaiki stabilitas agregat Ultisol yang kurang mantap dalam waktu 3 bulan dapat dilakukan dengan pemberian bahan organik terutama dengan pupuk hijau Titonia yang berukuran 0,5 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 03:52
Last Modified: 26 Sep 2011 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item