Repository Universitas Andalas

PENGARUH WAKTU PEMBERIAN DAN KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL DAN MUTU BENIH KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Rullist, Fanra (2010) PENGARUH WAKTU PEMBERIAN DAN KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL DAN MUTU BENIH KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH WAKTU PEMBERIAN DAN KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL DAN MUTU BENIH KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (659Kb) | Preview

Abstract

Percobaan tentang pengaruh waktu dan konsentrasi paclobutrazol terhadap pertumbuhan hasil dan mutu benih kacang tanah (Arachis hypogaea L.) telah dilaksanakan di Rumah Kaca dan Laboratorium Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas Limau Manis Padang. Percobaan dilakukan dari bulan April sampai dengan bulan Agustus 2007. Percobaan ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam faktorial dengan dua faktor yaitu waktu pemberian dan konsentrasi paclobutrazol dengan 4 ulangan. Tujuan percobaan ini adalah untuk mendapatkan waktu pemberian dan konsentrasi paclobutrazol yang terbaik untuk pertumbuhan, hasil dan mutu benih kacang tanah. Data hasil percobaan ini dianalisis menggunakan uji F atau sidik ragam dan jika F hitung perlakuan berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Sebagai perlakuan adalah faktor pertama waktu pemberian yang terdiri dari empat taraf yaitu pada saat tanaman berumur 5 hari, 10 hari, 15 hari dan 20 hari. Faktor kedua adalah konsentrasi paclobutrazol yang terdiri atas empat taraf yaitu konsentrasi paclobutrazol 0 ppm, 50 ppm, 100 ppm dan 150 ppm. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terjadi interaksi antara waktu pemberian dengan konsentrasi paclobutrazol yaitu terhadap tinggi tanaman, jumlah bunga, jumlah ruas, bobot kering brangkasan pertanaman dan kecepatan berkecambah. Sedangkan untuk pengamatan panjang ruas tanaman tidak memperlihatkan interaksi namun perlakuan waktu pemberian pada umur 5 hari dengan konsentrasi paclobutrazol 150 memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 04:13
Last Modified: 26 Sep 2011 04:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item