Repository Universitas Andalas

A SEMIOTIC ANALYSIS OF FRONT COVERS OF VIDEO GAME PACKAGES AS SEEN IN PLAY STATION 2

Novkel, Tri (2010) A SEMIOTIC ANALYSIS OF FRONT COVERS OF VIDEO GAME PACKAGES AS SEEN IN PLAY STATION 2. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (A SEMIOTIC ANALYSIS OF FRONT COVERS OF VIDEO GAME PACKAGES AS SEEN IN PLAY STATION 2) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (654Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tentang tanda-tanda yang terdapat pada sampul depan play station 2. Tanda yang ada dibagi atas dua macam yaitu linguistik dan non linguistik. Kedua tanda tersebut dijabarkan menurut fungsinya dengan merujuk kepada diagram segitiga semiotik yang dikemukakan oleh Charles Sander Peirce. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kaidah semiotik yang terdapat pada sampul depan game-game play station 2 yang disampaikan melalui penggunaan tanda dan bahasa. Data diambil dari internet sebanyak 8 sampel dalam bentuk gambar (image). Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan referensial dan distribusional. Selanjutnya penelitian ini menggunakan teori diagram segitiga semiotik yang dikemukakan oleh Charles Sander Peirce. Dalam hal ini Peirce mengemukakan bahwa ada 3 faktor pembentuk interpretasi dari sebuah tanda yaitu, sign (tanda), object (objek), interpretant (interpretasi). Seterusnya penulis menjabarkan makna denotatif (denotative meaning) dan konotatif (connotative meaning) yang disampaikan melalui tanda-tanda linguistik (linguistic signs) maupun tanda-tanda non-linguistik (non- linguistic signs) dengan menggunakan teori Roland Barthes. Makna denotatif mencakup makna kamus atau makna dasar dari sebuah tanda. Makna konotatif mencakup makna tambahan yang melekat pada makna denotasi yang dipengaruhi oleh faktor emosi, sejarah dan budaya. Makna konotatif dari sebuah produk dianalisa dengan melihat hubungannya dengan makna tanda-tanda yang lain melalui tabel tahapan signifikasi (order of signification) . Dari analisis makna dan tanda pada sampul play station 2, diketahui bahwa sampul-sampul pada game play station 2 menciptakan makna konotatif terhadap produk yang dihasilkan dengan cara mengaitkan produk tersebut pada makna tanda-tanda lain yang berkaitan dengan kode-kode budaya tertentu (cultural codes) sehingga tercipta suatu pesan bahwa produk tersebut bagian dari kode budaya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 05:07
Last Modified: 26 Sep 2011 05:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item