Repository Universitas Andalas

REPRESSION OF EDGAR ALLAN POE'S REAL DESIRES IN HIS THREE SHORT STORIES: PSYCHOANALYSIS OF THE AUTHOR

Firdaus, Rizki (2010) REPRESSION OF EDGAR ALLAN POE'S REAL DESIRES IN HIS THREE SHORT STORIES: PSYCHOANALYSIS OF THE AUTHOR. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (REPRESSION OF EDGAR ALLAN POE'S REAL DESIRES IN HIS THREE SHORT STORIES: PSYCHOANALYSIS OF THE AUTHOR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (808Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi identifikasi intensi bawah sadar seorang pengarang zamam romantis Amerika Edgar Allan Poe yang tergambarkan dalam tiga cerita pendeknya The Cask of Amontillado, The Fall of The House of Usher dan The Mask of The Red Death. Melalui asumsi karya sastra sebagai bentuk distorsi ekspresi pengarangnya, penulis menjelaskan bahwa ketiga cerita pendek merupakan perwujudan tak sadar Edgar Allan Poe tentang keinginannya yang terepresi. Melalui metode penelitian kualitatif, penulis mengaplikasikan teori psikoanalisis yang dikembangkan oleh Sigmund Freud dalam menganalisa data primer. Dalam hubungannya dengan tiga zona psikis id (prinsip kesenangan), ego (prinsip realitas) dan super ego (prinsip moralilas), karya-karya tersebut merupakan hasil represi konflik psikis pengarang yang kembali dalam bentuk samaran untuk melewati sensor ego sebagai pengambil keputusan. Penulis menggunakan psikoanalisis dalam kerangka ekspresif dengan menghubungkan biografi pengarang yang meliputi kehidupan keluarga, karir kepenulisan dan kehidupan sekitar pengarang dengan motif-motif yang termanifestasi dalam teks. Manifestasi pengarang dalam ketiga cerita pendek menjadi panduan bagi penulis untuk menentukan aksi-aksi penyamaran yang didefinisikan Freud dalam teori mimpinya seperti kondensasi, pemindahan dan wujud representasi melalui transformasi pikiran kedalam gambaran visual serta simbolisasi. Dari empat mekanisme yang ditemukan, terdapat dua transformasi pikiran kedalam gambaran visual tentang kebiasaan menenggak minuman keras (dalam The Cask of Amontillado), pengalihan dan kondensasi dari kondisi sosial Amerika (The Fall of the House of Usher) serta kebencian pada bapak angkat, trauma tuberculosis dan kodrat kematian (dalam The Mask of the Red Death). Simbolisasi rumah sebagai latar belakang tempat menegaskan represi mendalam serta kecendrungan regresi pengarang terhadap kerinduan akan ibunya yang termanifestasi sekaligus dalam ketiga cerita pendek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 06:37
Last Modified: 26 Sep 2011 06:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item