Repository Universitas Andalas

RESPONSIBILITY, OBLIGATION AND CONSCIENCE THROUGH NORA'S CHARACTER IN HENDRIK IBSEN'S A DOOL'S HOUSE: MORAL VALUES

Primadona, Erga (2010) RESPONSIBILITY, OBLIGATION AND CONSCIENCE THROUGH NORA'S CHARACTER IN HENDRIK IBSEN'S A DOOL'S HOUSE: MORAL VALUES. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (RESPONSIBILITY, OBLIGATION AND CONSCIENCE THROUGH NORA'S CHARACTER IN HENDRIK IBSEN'S A DOOL'S HOUSE: MORAL VALUES) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (547Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas nilai moral yang terkandung dalam drama A Doll's House karya Henrik lbsen. Nilai moral ini dilihat melalui seorang tokoh utama dalam drama yang bernama Nora. Untuk menganalisa permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan moral oleh Bertens. Bertens menyatakan bahwa nilai-nilai moral mempunyai ciri-ciri yaitu nilai moral yang berhubungan dengan tanggung jawab, nilai moral yang berhubungan dengan kewajiban dan nilai moral yang berhubungan dengan hati nurani. Dari hasil analisa tersebut, penulis menemukan bahwa tingkah laku tokoh utama dalam cerita A Doll's House mengandung ciri-ciri nilai moral yang berhubungan dengan tanggung jawab, nilai moral yang berhubungan dengan kewajiban dan nilai moral yang berhubungan dengan hati nurani tersebut. Tokoh utama dalam drama ini menunjukan adanya kesadaran akan tanggung jawab, kewajiban dan hati nurani dalam melakukan setiap tingkah lakunya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 06:36
Last Modified: 26 Sep 2011 06:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item