Repository Universitas Andalas

PENGGUNAAN JARGON OLEH KOMUNITAS PEMASAR PRODUK MULTI LEVEL MARKETING GREENLITE RDC-009 PADANG

Angelina, Siska (2010) PENGGUNAAN JARGON OLEH KOMUNITAS PEMASAR PRODUK MULTI LEVEL MARKETING GREENLITE RDC-009 PADANG. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN JARGON OLEH KOMUNITAS PEMASAR PRODUK MULTI LEVEL MARKETING GREENLITE RDC-009 PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (754Kb) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu jargon-jargon yang digunakan oleh komunitas pemasar produk MLM Greenlite RDC 009 Padang, faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon tersebut dan jargon-jargon yang mengalami perubahan makna. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan jargon-jargon yang digunakan oleh komunitas pemasar produk MLM Greenlite RDC 009 Padang, mendeskripsikan dan menjelaskan alasan komunitas pemasar produk MLM Greenlite RDC 009 Padang menggunakan jargon-jargon tersebut dan faktor-faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon oleh komunitas pemasar produk MLM Greenlite RDC 009 Padang dan mendeskripsikan dan menjelaskan jargon-jargon yang mengalami perubahan makna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri atas tiga tahapan strategis dalam pemecahan masalah, yaitu: tahap penyediaan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode simak dengan teknik dasarnya yaitu teknik sadap dan teknik lanjutannya yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik Simak Libat Cakap (SLC). Dalam penganalisisan data, digunakan metode padan translasional, padan referensial dan padan pragmatis dengan teknik dasarnya yaitu teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutannya yaitu teknik Hubung Banding Memperbedakan (FIBB). Dalam penyajian hasil analisis, metode yang digunakan yaitu metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa dalam tuturan komunitas pemasar produk MLM Greenlite RDC 009 Padang terdapat jargon. Jargon-jargon yang digunakan pemasar produk MLM tersebut antara lain; kaki, repeat order, M-CO, tutup poin, distributor, manager, royal crown director, pemain, mobile stockis, upline, closing, training, bonus statement, support system, TOP, SBT dan indent. Faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon adalah bahasa yang digunakan, waktu, tempat dan pokok pembicaraan. Diantara keseluruhan jargon-jargon tersebut, terdapat jargon-jargon yang mengalami perubahan makna karena bidang pemakaian, antara lain; kaki, tutup poin, distributor, ruby manager, emerald manager, diamond director, crown director dan RCD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Sep 2011 09:06
Last Modified: 26 Sep 2011 09:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item