Repository Universitas Andalas

PERJANJIAN KREDIT JUAL BELI PRODUK INDOFOOD ANTARA DISTRIBUTOR DAN TOKO DI DAERAH PEMASARAN RANAH PESISIR (KAJIAN PADA PT INDOMARCO ADI PRIMA)

Seprianto, Haris (2010) PERJANJIAN KREDIT JUAL BELI PRODUK INDOFOOD ANTARA DISTRIBUTOR DAN TOKO DI DAERAH PEMASARAN RANAH PESISIR (KAJIAN PADA PT INDOMARCO ADI PRIMA). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERJANJIAN KREDIT JUAL BELI PRODUK INDOFOOD ANTARA DISTRIBUTOR DAN TOKO DI DAERAH PEMASARAN RANAH PESISIR (KAJIAN PADA PT INDOMARCO ADI PRIMA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (733Kb) | Preview

Abstract

Transaksi ekonomi tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari setiap orang, baik dalam skala besar, menengah, sampai skala kecil. Transaksi ekonomi tersebut memerlukan suatu kontrak untuk memberikan kejelasan aspek hukumnya tentang batasan hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Kontrak merupakan perjanjian yang diwujudkan dalam naskah berupa tulisan tentang suatu transaksi ekonomi yang memberikan gambaran atas komitmen yang dibuat oleh para pihak. Seiring berkembangnya zaman, transaksi ekonomi tersebut mengalami perkembangan seperti dalam hal kerja sama dengan perusahaan lain. Kerja sama ini dapat berbentuk kerja sama pemasaran dengan perusahaan distributor untuk mempercepat pemasaran produk ke masyarakat luas. Untuk meningkatkan daya beli toko, distributor memberikan kesempatan bagi toko melakukan pembayaran secara kredit dengan batas waktu dan bunga tertentu. Perumusan masalah yang dibahas adalah mengenai pelaksanaan perjanjian kredit jual beli produk Indofood antara PT Indomarco Adi Prima dengan toko di daerah pemasaran Ranah Pesisir dan masalah apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian dan bagaimana penyelesaiannya. Pendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara serta studi dokumen dan kepustakaan. Pada awalnya semua pihak toko harus melakukan pembayaran secara tunai terhadap barang yang dipesan sampai pada pembayaran keempat. Pelaksanaan perjanjian kredit antara PT Indomarco Adi Prima dilakukan dengan cara pengisian formulir permohonan terlebih dahulu oleh pihak toko pada kunjungan kelima, apabila disetujui pihak toko dapat membayar barang yang dipesan secara kredit pada tanggal jatuh tempo. Toko yang tidak mendapatkan persetujuan permohonan pembayaran kredit tidak dapat mengajukan permohonan lagi dan pembayaran selanjutnya harus dilakukan secara tunai. Permasalahan yanng sering terjadi adalah kesalahan pengiriman barang dan tidak dibayarnya kredit pada tanggal jatuh tempo. Penyelesaian masalah kesalahan pengiriman barang dilakukan dengan cara pemotongan harga secara langsung dan penyelesaian masalah tidak dibayarnya kredit pada tanggal jatuh tempo dilakukan dengan cara peneguran secara lisan pada tanggal jatuh tempo. Pencabutan pelayanan pembayaran kredit dilakukan setelah kunjungan selanjutnya apabila pihak toko tetap tidak membayar hutangnya serta dilakukan penarikan barang PT Indomarco Adi Prima pada toko tersebut. Sisa hutang kredit toko tersebut dilakukan pemotongan berdasarkan harga barang yang ditarik. Penagihan utang dilakukan secara terus menerus hingga debitur melunasi utangnya tanpa batas waktu tertentu. Semua penyelesaian masalah dilakukan secara kekeluargaan tanpa melalui proses hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 Sep 2011 02:24
Last Modified: 27 Sep 2011 02:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item