Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN MODUL PERGERAKAN SUMBU X, Y DAN Z SECARA OTOMATIS BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN)

Taufik, Hayatul (2010) RANCANG BANGUN MODUL PERGERAKAN SUMBU X, Y DAN Z SECARA OTOMATIS BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN MODUL PERGERAKAN SUMBU X, Y DAN Z SECARA OTOMATIS BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480Kb) | Preview

Abstract

Modul pergerakan sumbu X, Y dan Z yang dirancang ini dijalankan dengan menggunakan program yang disebut dengan PLC (Program Logic Controller). PLC merupakan peralatan elektronik yang bekerja secara digital memiliki memori yang dapat diprogram untuk melakukan beberapa instruksi berupa logika, kerja berurutan (sequencing), pewaktu (timing), pencacah (counting) dan aritmatika untuk mengendalikan plant atau system I/O modules. Untuk membuat program pada PLC yang mengendalikan rancang bangun modul pergerakan sumbu X, Y dan Z ini dapat dilakukan dengan menggunakan software syswin 3.4 dimana program dibuat berupa ladder diagram (diagram tangga) atau bisa juga mempergunakan console dimana program dibuat berupa ladder diagram (diagram tangga) kemudian diterjemahkan menjadi kode mnemonic. Modul pergerakan ini mengunakan 3 buah motor DC untuk menggerakan sumbu X, Y dan Z. Sumbu X menunjukan arah pergerakan kiri dan kanan, sumbu Y menunjukan arah pergerakan maju dan mundur, sedangkan sumbu Z menunjukan arah pergerakan naik dan turun. Pada pergerakan sumbu X, Y dan Z menggunakan dua buah relay pada masing-masing motor DC yang bekerja interlock yang di control mengunakan PLC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:51
Last Modified: 24 Oct 2011 01:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item