Repository Universitas Andalas

Isolasi Senyawa Sitotoksik dari Fraksi Etil Asetat Daun Tabat barito (Ficus deltoidea Jack).

Rery, Nurdia Rahmah (2010) Isolasi Senyawa Sitotoksik dari Fraksi Etil Asetat Daun Tabat barito (Ficus deltoidea Jack). Other thesis, Fakultas Farmasi.

[img]
Preview
PDF (Isolasi Senyawa Sitotoksik dari Fraksi Etil Asetat Daun Tabat barito (Ficus deltoidea Jack). ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (465Kb) | Preview

Abstract

Dua senyawa sitotoksik telah diisolasi dari fraksi etil asetat daun Ficus deltoidea Jack, yaitu senyawa FE2 berupa kristal putih (64 mg) dengan titik leleh 167-169oC dan senyawa FE12E berupa minyak kekuningan (5,2 mg).Isolasi dilakukan dengan metoda ekstraksi dengan maserasi bertingkat, kromatografi lapis tipis, kromatografi kolom dan reksristalisasi. Karakterisasi senyawa dilakukan dengan pemeriksaan organoleptis, kimia fisika spektroskopi UV dan IR. Berdasarkan data karakterisasi diduga senyawa FE2 dan FE12E masing-masing adalah terpenoid dan Kumarin. Uji aktivitas dilakukan dengan metoda Brine Shrimp Lethality Test menunjukan bahwa senyawa FE2 dan FE12E memiliki aktivitas yang baik dengan nilai LC50 masing-masing 134,99 ppm dan 24,97 ppm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:50
Last Modified: 24 Oct 2011 01:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item