Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PERJANJIAN AL-TIJARAH (JUAL-BELI) PADA BANK MANDIRI SYARIAH CABANG PADANG

Yurnelis, Yurnelis (2010) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PERJANJIAN AL-TIJARAH (JUAL-BELI) PADA BANK MANDIRI SYARIAH CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PERJANJIAN AL-TIJARAH (JUAL-BELI) PADA BANK MANDIRI SYARIAH CABANG PADANG ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Perbankan sebagai lembaga intermediasi keuangan (financial intermediary institution) memegang peranan penting dalam pembangunan nasional. Kegiatan usaha utama bank berupa menarik dana langsung dari masyarakat. Hubungan antara bank dengan nasabah terwujud dari suatu perjanjian berisi klausula baku yang disebut dengan standard contract yang bentuk isinya telah distandarisasikan atau dibakukan secara sepihak oleh pelaku usaha (Bank), serta bersifat masal tanpa mempertimbangkan perbedaan kondisi nasabah Bank. Salah satunya adalah akad Al-Tijarah yang dikenal sebagai suatu system yang menetapkan tata carajual beli dimana bank terlebih dahulu membeli barang yang dibutuhkan oleh nasabah, atau mengankat nasabah sebagai agen bank melakukan pembelian barang. Dalam hal ini nasabah selaku konsumen dinilai sangat rawan terhadap penyimpangan dari segi perlindungan konsumen, karena perlindungan hukum nasabah belum jelas, sehingga penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian mengenai hal ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item