Repository Universitas Andalas

PERJANJIAN AKAD AL-MURABAHAH SEBAGAI SARANA PEMBIAYAAN BERBASIS PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PADANG

Kurniawan, Andri (2010) PERJANJIAN AKAD AL-MURABAHAH SEBAGAI SARANA PEMBIAYAAN BERBASIS PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERJANJIAN AKAD AL-MURABAHAH SEBAGAI SARANA PEMBIAYAAN BERBASIS PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PADANG ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (610Kb) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini, bank-bank ramai-ramai membuka cabang syariah. Pengalaman masa lalu, saat awal-awal krisis 1998, ketika banyak bank konvensional bertumbangan bisa jadi sebagai pemicunya. Sementara bank syariah terus melenggang seakan tak ada masalah dengan krisis. Dalam operasionalnya Setiap transaksi harus spesifik dan transparan. Bank syariah tidak memberikan pinjaman dalam bentuk uang tunai, tetapi bekerja sama atas dasar kemitraan, seperti mudharabah, musyawarakah atas dasar jual beli (murabahah). Dalam hal laba bagi bank syariah bukan satu-satunya tujuan karena bank syariah mengupayakan bagaimana memanfaatkan sumber dana yang ada guna membangun kesejahteraan masyarakat. Pembiayan Al Murabahah adalah jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati antara Bank Syariah dengan nasabah, dimana Bank menyediakan pembiayaan untuk pembelian bahan baku atau modal kerja lainnya yang dibutuhkan nasabah, yang akan dibayar kembali oleh nasabah sebesar harga jual bank pada waktu yang ditetapkan. Kedua belah pihak membuat kesepakatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item