Repository Universitas Andalas

INVENTARISASI SUMBERDAYA FLORA DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS

Rahman, Marlis and Tamin, Rusjdi and Syahbuddin, Syahbuddin and Rangkuti, Dorlan and Syafinah, Raibilan and Arbain , Ardinis and Chairul, Chairul and Syamsuardi, Syamsuardi and Noli, Zozy Aneloi (2010) INVENTARISASI SUMBERDAYA FLORA DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (INVENTARISASI SUMBERDAYA FLORA DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (337Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang inventarisasi suberdaya flora di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) Universitas Andalas Limau Manis Padang dari bulan September 1993 sampai Januari 1994. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan koleksi langsung di lapangan dengan cara menjelajah kawasan HPPB. Identifikasi dilakukan di Herbarium Andalas. Koleksi yang layak, diproses menjadi spesimen herbarium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HPPB terdiri dari tiga tipe vegetasi yaitu : vegetasi semak belukar, vegetasi bekas perladangan dan vegetasi hutan primer dan sekunder. Jenis-jenis pohon yang ditemukan 165 jenis yang terdiri dari 15 jenis tumbuhan pioner, 11 jenis tanaman budidaya, selebihnya merupakan pohon vegetasi hutan primer. Fagaceae merupakan pohon yang potensial dijumpai di kawasan ini. Untuk vegetasi dasar didapatkan 27 jenis yang tercakup dalam 13 familia. Rubiaceae merupakan famili yang paling besar keragaman jenisnya yang umumnya tumbuh pada lantai hutan sedikit terbuka. Untuk paku-pakuan, Glichenia dan Ligodium merupakan paku-pakuan yang umun dijumpai pada HPPB yang terdiri dari 29 jenis tercakup dalam 18 fami1ia. Jamur yang umum dijumpai adalah jamur kayu. Keseluruhan yang telah dikoleksi ada 24 jenis umumnya termasuk klas Basidiomycetes. Gulma umumnya dijumpai pada bekas areal perladangan dan jalan menuju kedalam kawasan HPPB. Keragaman jenis gulma dimkawasan ini cukup besar yaitu 32 jenis yang tercakup dalam 14 familia. Keragaman jenis gulma yang cukup besar berasal dari famili graminae dan Asteraceae.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item