Repository Universitas Andalas

Tanggung Jawab Pemegang Gadai Dalam Memberikan Hukum Perlindungan Kepada Pemberi Gadai (Studi Pada Perum Pegadaian Cabang Terandam Padang)

Sundari, Titing (2010) Tanggung Jawab Pemegang Gadai Dalam Memberikan Hukum Perlindungan Kepada Pemberi Gadai (Studi Pada Perum Pegadaian Cabang Terandam Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Tanggung Jawab Pemegang Gadai Dalam Memberikan Hukum Perlindungan Kepada Pemberi Gadai (Studi Pada Perum Pegadaian Cabang Terandam Padang) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589Kb) | Preview

Abstract

Perum Pegadaian merupakan lembaga keuangan pemerintah non bank yang bergerak menyalurkan pinjaman dengan jaminan atas dasar hukum gadai. Barang-barang yang digadaikan ke Perum Pegadaian adalah berupa benda bergerak. Dengan adanya perjanjian gadai antara Perum Pegadaian sebagai pemegang gadai dan nasabah sebagai pemberi gadai, maka lahirlah akibat-akibat hukum yang berupa hak dan kewajiban tertentu yang harus dilaksanakan oleh para pihak, termasuk tanggung jawab Perum Pegadaian untuk memberikan perlindungan hukum kepada nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana pelaksanaan perjanjian gadai pada Perum Pegadaian Cabang Terandam Padang, bagaimana bentuk perlindungan hukum yang diberikan pemegang gadai kepada pemberi gadai, apa saja upaya-upaya yang dilakukan pemegang gadai apabila benda yang menjadi objek gadai hilang atau musnah dan tindakan apa yang dilakukan pemegang gadai terhadap pemegang gadai yang wanprestasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item