Repository Universitas Andalas

ALASAN JAKSA MENGAJUKAN PENINJAUAN KEMBALI ATAS KASUS MUCHTAR PAKPAHAN (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Kelas 1A Medan)

Situngkir, Rosa Rindang (2010) ALASAN JAKSA MENGAJUKAN PENINJAUAN KEMBALI ATAS KASUS MUCHTAR PAKPAHAN (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Kelas 1A Medan). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (ALASAN JAKSA MENGAJUKAN PENINJAUAN KEMBALI ATAS KASUS MUCHTAR PAKPAHAN (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Kelas 1A Medan) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (629Kb) | Preview

Abstract

Persidangan di pengadilan dilakukan untuk mencari kebenaran dan keadilan. Salah satu upaya untuk mencari kebenaran dan keadilan tersebut adalah dengan melalui upaya hukum, dimana upaya hukum ini dapat dilakukan mulai dari Pengadilan Negeri (PN) sampai dengan Mahkamah Agung (MA). Upaya hukum ini terdiri atas upaya hukum biasa dan upaya hukum luar biasa. Upaya hukum biasa dapat berupa banding dan kasasi sedangkan upaya hukum luar biasa dapat dilakukan dengan kasasi demi kepentingan hukum dan peninjauan kembali. Peninjauan kembali sebagai upaya hukum luar biasa dilakukan oleh terpidana atau yang diberi kuasa khusus untuk melakukan itu. Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 263 ayat (1) KUHAP. Akan tetapi, dalam kasus buruh di Medan dengan terdakwa Muchtar Pakpahan, untuk pertama kalinya upaya hukum luar biasa ini (peninjauan kembali) dilakukan oleh Kejaksaan/Jaksa Penuntut Umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item