Repository Universitas Andalas

PIDANA PENJARA YANG MELEBIHI PUTUSAN HAKIM DALAM KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN OLEH ANAK DI BAWAII UMUR (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang)

Murni, Ruspa (2010) PIDANA PENJARA YANG MELEBIHI PUTUSAN HAKIM DALAM KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN OLEH ANAK DI BAWAII UMUR (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PIDANA PENJARA YANG MELEBIHI PUTUSAN HAKIM DALAM KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN OLEH ANAK DI BAWAII UMUR (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang) ) - Supplemental Material
Download (605Kb) | Preview

Abstract

Pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia merupakan suatu penyimpangan terhadap hak seseorang. Dalam hal ini terkait adanya suatu kasus dengan Putusan Nomor 66/Pid.B/2006/PN-PDG, dimana terpidana merupakan anak di bawah umur yang terbukti melakukan tindak pidana pencurian. Namun dalam pelaksanaan hukuman yang dijalankan oleh terpidana anak tersebut pidananya melebihi putusan hakim yang telah diputus di sidang pengadilan. Dalam kasus ini telah terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia apalagi terpidana adalah anak di bawah umur. Seharusnya terpidana telah dapat menghirup udara bebas dan dapat menjalankan aktifitasnya di luar penjara. Namun oleh pihak berwenang atau petugas lalai dalam menjalankan tugasnya sehingga terpidana masih mendekam di dalam penjara. Padahal dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 16 ayat (l) telah diatur bahwa:"setiap anak berhak memperoleh perlindungan dan sasaran penganiayaan atau penjatuhan hukuman yang tidak manusiawi".

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:49
Last Modified: 24 Oct 2011 01:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item