Repository Universitas Andalas

PEMAKAIAN RUTIN UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN RHIZOBIUM DAN RELEVANSINYA DENGAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.)

Suharti, Netty (2008) PEMAKAIAN RUTIN UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN RHIZOBIUM DAN RELEVANSINYA DENGAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PEMAKAIAN RUTIN UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN RHIZOBIUM DAN RELEVANSINYA DENGAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh rutin terhadap pertumbuhan rhizobium dan relevensinya dengan produksi Kedelai (Glycine max L.), di Laboratorium Kimia Bahan Alam dan rumah plastik FMIPA Universitas Andalas Padang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Komposisi perlakuan yaitu pemakaian rutin dengan konsentrasi 0 mg/l (kontrol), 10 mg/l, 30 mg/l dan 100 mg/l. Hasil penelitian dianalisa secara sidik ragam, yang menunjukkan bahwa senyawa rutin dapat meningkatkan jumlah bintil rhizobium yang terbentuk, tinggi tanaman kedelai, jumlah daun per batang, jumlah bunga terbentuk dan berat biomass tanaman yang berbeda nyata dengan kontrol (p < 0.05). Akan tetapi pemakaian rutin tidak meningkatkan jumlah polong terbentuk, berat 100 biji tanaman, berat kering polong (p > 0,05)

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:48
Last Modified: 24 Oct 2011 01:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item