Repository Universitas Andalas

KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DALAM IKAN BILIH (Mystacoleuscus padangenesis) DANAU SINGKARAK SUMATERA BARAT

Bakar, Abu (2008) KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DALAM IKAN BILIH (Mystacoleuscus padangenesis) DANAU SINGKARAK SUMATERA BARAT. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DALAM IKAN BILIH (Mystacoleuscus padangenesis) DANAU SINGKARAK SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349Kb) | Preview

Abstract

Kandungan logam berat merkuri dalam tubuh ikan bilih dan air danau singkarak ditentukan berdasarkan spektroskopi serapan atom uap dingin dari larutan hasil destruksi basah, dimana didapatkan pada ikan: segar (298,6 ppb), rebus (244'8 ppb), kering (276,3 ppb) dan pada air: muara sungai dan tengah danau (0,18-0,43 ppb), terjadi akumulasi 695-1696 kali dalam tubuh ikan bilih dari lingkungan air tempat hidupnya. Kandungan merkuri dalam ikan dan air masih dibawah ambang baku mutu bahan makanan (500 ppb) dan air (5 ppb) yang telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Akan tetapi, kandungan merkuri dalam air telah melewati ambang baku mutu air untuk budidaya ikan yang dihasilkan Environmental Protection Agency (EPA 0,1 ppb).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:48
Last Modified: 24 Oct 2011 01:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item