Repository Universitas Andalas

Mikrofisika dari Drop Size Distributian (DSD) yang Diamati oleh 2DVD di Koto Tabang, Sumatera Barat

Marzuki, Marzuki and Chadijah, Siti and Budiman, Arif (2008) Mikrofisika dari Drop Size Distributian (DSD) yang Diamati oleh 2DVD di Koto Tabang, Sumatera Barat. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Mikrofisika dari Drop Size Distributian (DSD) yang Diamati oleh 2DVD di Koto Tabang, Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (724Kb) | Preview

Abstract

Akurasi pengukuran distribusi butiran hujan atau yang lebih dikenal sebagai raindrop size distribution (DSD) sangat penting untuk memperkirakan pelemahan (attenuation) sinyal gelombang mikro yang disebabkan oleh hujan, khususnya pada applikasi gelombang mikro dengan frekuensi tinggi. Penelitian ini mempelajari karakteristik DSD di daerah ekuator (Koto Tabang, Sumatera Barat) yang diukur dengan two dimensional video disdrometer (2DVD). Variasi dari parameter DSD yang dihitung dengan dua distribusi (eksponensial dan gamma) telah dianalisa. Penurunan semua parameter gamma dan eksponensial dengan peningkatan intensitas curah hujan teramati dalam penelitian ini. Lompatan No Waldvogel jelas terlihat, dan memperlihatkan hubungan No-R yang berbeda dari hasil penelitian pada daerah lain yang dilakukan peneliti sebelumnya. Dari analisa Gamma DSD, juga teramati bahwa hujan di Koto Tabang banyak mengandung butiran hujan yang kecil yang diindikasikan oleh kecilnya nilai m, Hasil ini memberikan kesimpulan awal bahwa proses fisika yang terlibat dalam pembentukan dan evolusi DSD di Koto Tabang berbeda dengan daerah lain. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut yang memadukan data radar diperlukan untuk membuktikan hal ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:38
Last Modified: 24 Oct 2011 01:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15675

Actions (login required)

View Item View Item