Repository Universitas Andalas

UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS DAN GALUR KACANG TANAH TERHADAP PENYAKIT BUSUK BATANG YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR Sclerotium rolfsii SACC.

Mansyurdin, Mansyurdin (2008) UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS DAN GALUR KACANG TANAH TERHADAP PENYAKIT BUSUK BATANG YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR Sclerotium rolfsii SACC. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS DAN GALUR KACANG TANAH TERHADAP PENYAKIT BUSUK BATANG YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR Sclerotium rolfsii SACC.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang uji ketahanan sepuluh varitas dan empat galur kacang tanah terhadap penyakit busuk batang yang disebabkan oleh jamur Sclerotium rolfsii Sacc. dilakukan di rumah kawat milik jurusan Biologi, Institut Teknologi Bandung dengan pola Rancangan Acak Lengkap dan tiga ulangan. Tanaman kacang tanah yang berumur satu minggu diinokulasi dengan dua sklerotia yang dibungkus dengan kapas yang dibasahi dengan air suling steril. Hasilnya menunjukkan bahwa, perkembangan penyakit busuk batang lebih pesat terjadi sampai tiga minggu setelah inokulasi dan pada minggu berikutnya perkembangan penyakit tidak terlalu mencolok. Intensitas serangan paling tinggi adalah pada varitas Jepara yakni 97,92 % dan paling rendah pada galur GH-469 yakni 64,58 %. Semua varietas dan galur kacang tanah yang diuji tidak ada yang tahan terhadap penyakit busuk batang. Tingkat ketahanan tanaman kacang tanah hanya tergolong atas dua kelompok yaitu kelompok peka sekali antara lain varitas Jepera, Banteng, Gajah, Tapir, Landak, Kelinci, Macan, Tupai, Kijang dan Pelanduk serta galur Reg. 1026 dan Reg. 1008, se�dangkan yang tergolong lebih peka yaitu galur GH-467 dan GH-469.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:38
Last Modified: 24 Oct 2011 01:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15687

Actions (login required)

View Item View Item