Repository Universitas Andalas

Efek Anestesi Lokal dari Ekstrak Tumbuhan Kemuning Hasil Perbanyakan Secara Kultur Jaringan

Suharti, Netty and Armenia, Armenia and Arifin, Helmi and Rusdi, Rusdi and Suhatri, Suhatri (2008) Efek Anestesi Lokal dari Ekstrak Tumbuhan Kemuning Hasil Perbanyakan Secara Kultur Jaringan. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Efek Anestesi Lokal dari Ekstrak Tumbuhan Kemuning Hasil Perbanyakan Secara Kultur Jaringan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (314Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang efek anestesi lokal dari ekstrak tumbuhan kemuning hasil perbanyakan secara kultur jaringan. Jaringan daun tumbuhan kemuning yang ditanam dalam media Murashige dan Skoog, hanya berhasil membentuk sedikit kalus yaitu pada kombinasi perlakuan NAA 0.5 mg/l dengan BAF 1.0 dan 5.0 mg/L, sehingga tidak mencukupi sebagai sampel untuk diuji aktivitas anestesi lokalnya terhadap hewan percobaan. Aktivitas anestesi lokal dari ekstrak daun tumbuhan kemuning (Murraya sp) terhadap hewan percobaan menunjukkan bahwa daun kemuning dapat memproteksi cacing Pheretima sp. terhadap rasa sakit yang diinduksi dengan HCI 0.0125 N, dengan harqa ECAL 50 adalah 2.61-3.02 % (rata-rata 1.75%) dibandingkan dengan ECAL 50 Lidocain HCl sebesar 0.33-1.32% (rata-rata 0.62%) pada batas kepercayaan 95 %.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:33
Last Modified: 24 Oct 2011 01:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item