Repository Universitas Andalas

NILAI ANAK DAN PREFERENSI JENIS KELAMIN ANAK (Studi Deskripsi Pengaruh Faktor Sosial Budaya dalam Reproduksi Keluarga pada Masyarakat Minangkabau Perkotaan)

Yunarti, Yunarti and Delfi, Maskota and Hendrawati, Hendrawati (2008) NILAI ANAK DAN PREFERENSI JENIS KELAMIN ANAK (Studi Deskripsi Pengaruh Faktor Sosial Budaya dalam Reproduksi Keluarga pada Masyarakat Minangkabau Perkotaan). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (NILAI ANAK DAN PREFERENSI JENIS KELAMIN ANAK (Studi Deskripsi Pengaruh Faktor Sosial Budaya dalam Reproduksi Keluarga pada Masyarakat Minangkabau Perkotaan)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (331Kb) | Preview

Abstract

Masyarakat Minangkabau terkenal sebagai salah satu masyarakat dengan sistem kekerabatan unilineal yaitu matrilineal dimana posisi wanita adalah sentral dalam kehidupan sosial masyarakat, sehingga tidak diragukan lagi kehadiran anak wanita sangat penting dalam kelanjutan kehidupan satu keturunan tertentu. Kehadiran laki-laki dibutuhkan sebagai peneguh dalam proses afirmasi dan validasi dari keputusan-keputusan yang dibuat oleh kelompok sosialnya dengan berpusat pada keberadaan ibu dan saudara-saudara perempuannya. Perubahan sosial sebagai implikasi dari kemajuan pembangunan akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga telah lama menyentuh kehidupan masyarakat Minangkabau. Telah lama diidentifikasi terdapatnya kecenderungan pergeseran struktur keluarga dari ekstended famili ke nuclear famili dimana posisi ayah semakin kuat didalam keluarga intinya seiring melonggarnya posisi ayah sebagai mamak pada keluarga luas dimana ibu dan saudara perempuan serta keturunan mereka berada. Faktor lain adalah meningkatnya strata pendidikan dan seiring dengan terdiversifikasinya pekerjaan diluar sektor pertanian yang oleh karenanya tanah bukan lagi merupakan basis ekonomi utama sehingga kota menjadi tempat sandaran baru dalam melanjutkan kehidupan dan akhirnya berujung pada pola pemukiman baru yang neolokal dan semakin jauhnya orang dari akar dimana dia berasal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:33
Last Modified: 24 Oct 2011 01:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item