Repository Universitas Andalas

Isolasi Bakteri Dan Jamur Tanah Penghasil Antibiotika Di Kawasan Hutan Penelitian Biologi Limau Manis Padang

Arifin, Helmi (2008) Isolasi Bakteri Dan Jamur Tanah Penghasil Antibiotika Di Kawasan Hutan Penelitian Biologi Limau Manis Padang. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Isolasi Bakteri Dan Jamur Tanah Penghasil Antibiotika Di Kawasan Hutan Penelitian Biologi Limau Manis Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (289Kb) | Preview

Abstract

Telah terisolasi satu golongan janur dan satu golongan bakteri dari sampel tanah yang diambil dari kawasan Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi Padang. Isolasi dilakukan dengan pembiakan hasil penipisan sampel tanah dalam NaCl fisiologis steril 10-2 sd 10-7 pada medium pembenihan nutrient agar dan potato dextrose agar. Daerah bening di sekitar koloni tertentu merupakan indikator terbentuknya zat toksik yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh mikroba sekitarnya. Dari hasil identifikasi ternyata koloni jamur terisolasi adalah golongan Streptomyces sp. dan sedangkan koloni bakteri adalah golongan Coccus gram positif. Antibiotika yang dihasilkan oleh mikroba tertapis mempunyai aktifitas yang berbeda terhadap beberapa mikroba indikator.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:33
Last Modified: 24 Oct 2011 01:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item View Item