Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN BY PASS TERHADAP PELUANG USAHA MASYARAKAT (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Sekitar Jalan By Pass Kotamadya Padang)

Erwin, Erwin and Afrida, Afrida and Setyawati, Sri and Pramono, Wahyu and Ermayanti, Ermayanti (2008) PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN BY PASS TERHADAP PELUANG USAHA MASYARAKAT (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Sekitar Jalan By Pass Kotamadya Padang). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN BY PASS TERHADAP PELUANG USAHA MASYARAKAT (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Sekitar Jalan By Pass Kotamadya Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai pengaruh pembangunan jalan by pass terhadap peluang usaha masyarakat. Dari studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang dampak pembangunan, terutama pembangunan prasarana jalan sebagai infrastruktur transportasi yang meliputi persepsi masyarakat terhadap pembangunan tersebut, respon-respon ekonomi yang muncul yang terwujud dalam bentuk aktivitas-aktivitas ekonomi serta implikasinya terhadap peningkatan ekonomi rumah tangga. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat deskriptif eksploratif dan analisis dengan memakai teknik penjaringan data melalui observasi dan wawancara bebas. Observasi dimaksudkan untuk melihat perilaku-perilaku ekonomi masyarakat yang dapat diamati. Sedangkan wawancara adalah untuk menggali pengalaman-pengalaman yang tidak dapat diamati secara langsung. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembangunan jalan by pass berpengaruh terhadap peluang munculnya aktivitas ekonomi yang baru dan menambah semakin heterogennya sumber ekonomi masyarakat serta sangat berpengaruh terhadap semakin tingginya pendapatan ekonomi rumah tangga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:33
Last Modified: 24 Oct 2011 01:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item