Repository Universitas Andalas

KEMISKINAN DAN ORIENTASI NILAI BUDAYA (Kasus Rumah Tangga Penerima Bantuan Program Inpres Desa Tertinggal (IDT) pada Tiga Desa di Sumatera Barat)

Asmawi, Asmawi (2008) KEMISKINAN DAN ORIENTASI NILAI BUDAYA (Kasus Rumah Tangga Penerima Bantuan Program Inpres Desa Tertinggal (IDT) pada Tiga Desa di Sumatera Barat). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (KEMISKINAN DAN ORIENTASI NILAI BUDAYA (Kasus Rumah Tangga Penerima Bantuan Program Inpres Desa Tertinggal (IDT) pada Tiga Desa di Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (424Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria dan prosedur yang dilakukan dalam penentuan penduduk penerima bantuan IDT, isu dan dampak program IDT, mendeskripsikan profil penduduk penerima IDT serta menganalisis pandangan hidup yang berupa sistem nilai budaya penduduk penerima IDT. Penelitian dilakukan di tiga desa/kelurahan penerima bantuan IDT di Sumatera Barat. Pada setiap desa/kelurahan ditetapkan sebanyak 10 rumah tangga yang masing-masing rumah diwakili oleh satu orang (suami atau istri) sebagai responden. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan observasi. Data hasil penelitian disajikan secara deskriptif dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang dipergunakan dalam penentuan rumah tangga miskin ialah apabila suami-istri atau anggota rumah tangga lainnya tidak mempunyai pekerjaan tetap, aset produksi yang dimiliki relatif sedikit atau tidak ada sama sekali, pendapatan rumah tangga rendah, jumlah anggota rumah tangga relatif besar, tingkat pendidikan rendah, status janda dan kondisi rumah kurang layak huni.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Oct 2011 01:33
Last Modified: 24 Oct 2011 01:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item View Item