Repository Universitas Andalas

PERAN PRAMUWISATA DALAM PELAYANANNYA TERHADAP WISATAWAN (Studi: Travel Biro Perjalanan Kota Padang)

Yoserizal, Yoserizal (2008) PERAN PRAMUWISATA DALAM PELAYANANNYA TERHADAP WISATAWAN (Studi: Travel Biro Perjalanan Kota Padang). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PERAN PRAMUWISATA DALAM PELAYANANNYA TERHADAP WISATAWAN (Studi: Travel Biro Perjalanan Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304Kb) | Preview

Abstract

Pramuwisata yang berada pada barisan terdepan dalam sistem kepariwisataan nasional, karena berhadapan langsung dengan wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Sangat dituntut peranannya sebagai pelayan dalam memberikan informasi mengenai objek wisata kepada wisatawan. Informasi yang sangat menarik sebagai bentuk perwujudan pelayanan yang diberikan pramuwisata yang pada akhirnya dapat merangsang arus kunjungan wisatawan mancanegara lebih besar untuk datang ke Indonesia, terutama Sumatera Barat (Padang). Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk peranan pramuwisata dan bentuk pelayanan yang diberikan kepada wisatawan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan sampel para responden yaitu pramuwisata yang mempunyai lisensi yang diorganisir dalam beberapa biro perjalanan wisata di kota Padang. Analisa data penelitian ini bersifat kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa pramuwisata dalam melakukan fungsinya sebagai pelayan bagi wisatawan mancanegara dapat menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasinya dengan para wisatawan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Nov 2011 10:58
Last Modified: 06 Nov 2011 10:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item