Repository Universitas Andalas

PERANAN ELITE TRADISIONAL DALAM PENYELESAIAN MASALAH TANAH ULAYAT DI KOTAMADYA PADANG (Studi Kasus di Kecamatan Kuranji)

Erwin, Erwin (2008) PERANAN ELITE TRADISIONAL DALAM PENYELESAIAN MASALAH TANAH ULAYAT DI KOTAMADYA PADANG (Studi Kasus di Kecamatan Kuranji). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PERANAN ELITE TRADISIONAL DALAM PENYELESAIAN MASALAH TANAH ULAYAT DI KOTAMADYA PADANG (Studi Kasus di Kecamatan Kuranji)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran mengenai bagaimana proses pembebasan tanah komunal (ulayat) untuk keperluan pembangunan dan memberikan analisis kepada peranan elite tradisional dalam penyelesaian masalah pembebasan tanah dan penyelesaian sengketa sehubungan dengan proses pembebasan tanah ulayat untuk keperluan pembangunan. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus dengan memberikan penekanan pada analisa kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian ini, menunjukkan semakin berkurangnya peranan elite tradisional dalam proses pembebasan tanah ulayat dan ada kecenderungan penyelesaian sengketa tanah ulayat, diselesaikan melalui lembaga formal (pengadilan), daripada lembaga informal (Kerapatan Adat Nagari). Adapun yang menjadi faktor penyebabnya adalah telah terjadinya fragmentasi dalam pemilikan tanah pada beberapa keluarga yang menjadi informan dalam penelitian. Fragmentasi dalam pemilikan tanah yang ditemui dalam beberapa keluarga dalam penelitian ini, setelah dikonfirmasikan ke informan kunci, nampaknya sudah merupakan pola dalam masyarakat di kecamatan Kuranji.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Nov 2011 10:57
Last Modified: 06 Nov 2011 10:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item