Repository Universitas Andalas

Penapisan Mikroba Penghasil Enzim Glukoamilase Dari Limbah Padat Pabrik Tahu di Kodya Padang

Arifin, Helmi (2008) Penapisan Mikroba Penghasil Enzim Glukoamilase Dari Limbah Padat Pabrik Tahu di Kodya Padang. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Penapisan Mikroba Penghasil Enzim Glukoamilase Dari Limbah Padat Pabrik Tahu di Kodya Padang ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (217Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penapisan mikroba penghasil enzim glukoamilase dari limbah padat beberapa pabrik tahu di Kodya Padang dengan cara inokulasi hasil penapisan sampel dalam larutan NaCl fisiologis ke dalam medium pembenihan diferensial Nutrient Agar dan Potato Dextrose Agar mengandung pati 100% selama 1-5 hari. Mikroba penghasil enzim glukoamilase ditandai dengan hilangnya warna indikator larutan lugol di sekitar koloni mikroba terisolasi. Dari hasil penapisan ini didapatkan enam macam koloni yang menghasilkan enzim glukoamilase dengan aktifitas yang berbeda terhadap menghilangkan warna indikator. Setelah dilakukan identifikasi ternyata empat macam koloni termasuk golongan jamur dan dua macam koloni termasuk golongan bakteri. Dari empat macam koloni jamur, satu diantaranya termasuk jenis Aspergillus dan tiga lainnya termasuk jenis Rhyzopus. Sedangkan dua koloni bakteri masing-masingsatu macam koloni bakteri lagi berbentuk batang (basil) gram negatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 06 Nov 2011 10:51
Last Modified: 06 Nov 2011 10:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item