Repository Universitas Andalas

Pengaruh Efek Obat Sebagai Ekspektoran Dan Antitusif Dalam Bentuk Tunggal Dan Kombinasi Pada Mukus Bronkus Tikus Putih

Dharma, Surya (2008) Pengaruh Efek Obat Sebagai Ekspektoran Dan Antitusif Dalam Bentuk Tunggal Dan Kombinasi Pada Mukus Bronkus Tikus Putih. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Efek Obat Sebagai Ekspektoran Dan Antitusif Dalam Bentuk Tunggal Dan Kombinasi Pada Mukus Bronkus Tikus Putih ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (385Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh efek obat sebagai ekspektoran dan antitusif dalam bentuk tunggal dan kombinasi pada mukus bronkus tikus putih. Percobaan dilakukan dengan memberikan kodein fosfat 2.7 mg/kg BB, amonium klorida 90 mg/kg BB serta kombinasi dari kedua obat tersebut. Sejalan dengan itu diberikan injeksi histamin hidroklorida secara subkutan dengan dosis 80/200 g BB untuk semua hewan percobaan. Pemberian histamin hidroklorida bertujuan untuk merangsang pengeluaran mukus bronkus yang merupakan tes diagnosis klinik untuk merangsang sel kelenjar eksokrin mengeluarkan sekretnya. Pemberian senyawa obat dan histamin dilakukan setiap hari selama 4 hari berturut-turut. Dari hasil yang didapat, senyawa obat yang diberikan dalam bentuk tunggal dan kominasi, sama-sama mempunyai efek menurunkan kadar mukus bronkus tikus putih.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 06 Nov 2011 09:36
Last Modified: 06 Nov 2011 09:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item