Repository Universitas Andalas

DISTRIBUSI VERTIKAL AKARINA DI KAWASAN HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS

Iswandi, Iswandi (2008) DISTRIBUSI VERTIKAL AKARINA DI KAWASAN HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (DISTRIBUSI VERTIKAL AKARINA DI KAWASAN HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang distribusi vertikal akarina pada tiga biotop (hutan, semak dan ladang) di kawasan Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) Universitas Andalas telah dilakukan pada bulan Agustus 1994 sampai Januari 1995. Sampel tanah diambil secara acak dengan menggunakan bor tanah diameter 7,5 cm sampai kedalaman 12 cm, pada area seluas 20x20 m^2 masing-masing biotop. Sampel tanah yang telah diambil dibagi atas tiga strata yaitu A (0-4 cm), B (4-8 cm) dan C (8-12 cm). Akarina yang terdapat dalam masing-masing sampel tanah diekstraksi dengan alat modifikasi corong Berlese-Tulgren selama 48-72 jam. Hasil yang diparoleh menunjukkan bahwa populasi akarina relatif lebih berlimpah masing-masing pada strata A dan biotop hutan, dibanding dengan biotop semak dan ladang. Kelompok Oribatida (ordo Cryptostigmata) merupakan akarina yang paling dominan didapatkan di kawasan HPPB, selanjutnya diikuti oleh ordo Mesostigmata dan Astigmata. Indeks keanekaragaman akarina pada masing-masing strata di biotop hutan relatif lebih tinggi daripada biotop semak dan ladang. Indeks kesamaan jenis akarina yang paling tinggi didapatkan antara biotop hutan dan semak pada setiap strata pengamatan. Sebaliknya indeks kesamaan jenis yang paling rendah didapatkan antara biotop hutan dan ladang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Nov 2011 09:26
Last Modified: 06 Nov 2011 09:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item