Repository Universitas Andalas

Pengujian Tingkat Toksisitas Amonia Terhadap Kelangsungan Hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)

Deswati , Deswati and Zulfarman, Zulfarman and Armaini, Armaini and Refilda, Refilda and Munaf, Edison (2008) Pengujian Tingkat Toksisitas Amonia Terhadap Kelangsungan Hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Pengujian Tingkat Toksisitas Amonia Terhadap Kelangsungan Hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat toksisitas amonia (NH3) terhadap kelangsungan hidup ikan mas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi tentang pengaruh amonia terhadap kehidupan ikan dalam rangka mengembangkan usaha budidaya ikan. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda uji biologis (bio-assay) yang terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap pembuatan amonia, tahap aklimatisasi, tahap uji pendahuluan dan tahap uji penentuan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap. Dari hasil penelitian didapatkan: 1) Konsentrasi kritis ambang bawah dari amonia (NH3) didapat adalah 0,6 ppm dan 2) Nilai (LC)50 24 jam dan 48 jam yang didapat setelah dianalisa dengan metoda Reed-Muench berturut-turut adalah sebesar 0,57 ppm dan 0,56 ppm.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:07
Last Modified: 07 Dec 2011 08:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16214

Actions (login required)

View Item View Item