Repository Universitas Andalas

ISOLASI DAN KARAKTERISASI STRUKTUR KONSTITUEN KIMIA UTAMA KENCUR (Kaempferia galanga Linn.)

Fahmi, Rizal (2008) ISOLASI DAN KARAKTERISASI STRUKTUR KONSTITUEN KIMIA UTAMA KENCUR (Kaempferia galanga Linn.). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (ISOLASI DAN KARAKTERISASI STRUKTUR KONSTITUEN KIMIA UTAMA KENCUR (Kaempferia galanga Linn.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334Kb) | Preview

Abstract

Kencur, Kaempferia galanga L. merupakan salah satu tumbuhan obat tradisional Indonesia yang dikenal memiliki berbagai aktivitas biologis yang diduga berasal dari konstituen utama senyawa kimia aktif yang dikandungnya. Isolasi kandungan kimia kencur dengan ekstraksi perkolasi menggunakan etanol, menghasilkan 7,6 % fraksi padat dan 3,83 % fraksi cair yang tidak diteliti lebih lanjut. Kristalisasi fraksi padat dari etanol air dan dilanjutkan dengan rekristalisasi menggunakan pelarut petrolium eter menghasilkan etil p-metoksisinamat dengan kadar 6 % dari berat serbuk kencur atau 0,61 % dari berat kencur segar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etil p-metoksisinamat merupakan konstituen kimia aktif utama yang terdapat dalam kencur. Etil p-metoksisinamat berupa kristal jarum berwarna putih, titik leleh 48 - 48,5 'C dan pada kromatografi lapisan tipis memberikan harga Rf = 0,70 (kloroform : aseton = 2:1). Sedangkan penetapan struktur lebih lanjut dengan spektroskopi menunjukkan bahwa etil p-metoksisinamat hasil isolasi menunjukkan konfigurasi trans-.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:06
Last Modified: 07 Dec 2011 08:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item View Item