Repository Universitas Andalas

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SURAT-MENYURAT DI LINGKUNGAN KELURAHAN SE-KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Noviatri, Noviatri and Reniwati, Reniwati (2008) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SURAT-MENYURAT DI LINGKUNGAN KELURAHAN SE-KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SURAT-MENYURAT DI LINGKUNGAN KELURAHAN SE-KECAMATAN PAUH KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (460Kb) | Preview

Abstract

Dalam komunikasi, terutama melalui surat-menyurat, pengguna bahasa dituntut untuk memperlihatkan atau menonjolkan sikap yang positif, agar pengguna bahasa dinilai memiliki kesadaran dan kemauan serta semangat yang tinggi untuk menggunakan bahasa secara baik dan benar dengan memperhatikan segenap kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku. Berdasarkan pengamatan kami, pada umumnya penggunaan bahasa ragam tulis, khususnya dalam surat-menyurat di berbagai kalangan masyarakat dan pemerintahan belum sepenuhnya menerapkan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Akibatnya pesan atau informasi yang ingin disampaikan tidak dapat dipahami dengan baik oleh penerima surat tersebut, padahal dalam surat tersebut kadang kala memuat informasi yang sifatnya sangat penting. Akan tetapi, karena informasi tersebut tidak dikemas dengan bahasa yang baik dan benar, maka isi surat tersebut tidak segera ditindaklanjuti oleh si penerima surat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:04
Last Modified: 07 Dec 2011 08:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item