Amin, Kasman (2008) PERANAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM DAKWAH ISLAMIAH DI KOTAMADYA PADANG. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)
|
PDF (PERANAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM DAKWAH ISLAMIAH DI KOTAMADYA PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400Kb) | Preview |
Abstract
Untuk dapat memahami dan mencintai Al-Qur'an diperlukan kemampuan membacanya dengan baik, oleh karena itu setiap orang muslim dituntut untuk mampu membacanya. Dakwah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar untuk kemaslahatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penyuguhannya akan mudah bila yang dibina itu masih kecil dan dalam masa pertumbuhan, apalagi kalau yang membina tersebut ibu/bapak dan gurunya. Dewasa ini wadah yang telah ada sebagai tempat pembinaan yang sesuai dan dimulai dimasa kecil adalah TPA. Penelitian bertujuan untuk melihat peranan TPA yang ada di Kotamadya Padang dalam rangka pengembangan dakwah Islam terutama pada generasi muda. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang dilakukan pada TPA yang terpilih sebagai sampel yang dipilih secara acak. Kecamatan yang terpilih sebagai sampel adalah Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo, dimana dimasing-masing kecamatan diacak 3 buah TPA sebagai objek penelitian. Dari hasil penelitian ternyata sebagian besar anak-anak TPA sudah dapat membaca Al-Qur'an setelah belajar 3-6 bulan (51,52 %), menghafal surat-surat pendek 10-20 surat (45,45 %) dan hafal bacaan sholat beserta artinya setelah belajar 1,5 tahun (42,42 %). Berarti TPA mempunyai peranan sangat penting dalam dakwah, karena di TPA anak-anak sudah mampu membaca Al-Qur'an, melaksanakan sholat dan menghafal sejumlah surat-surat serta dapat mencontohkan akhlak yang baik dalam masyarakat sebagai cerminan dari dakwah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | Lembaga Penelitian Unand |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 07 Dec 2011 08:03 |
Last Modified: | 07 Dec 2011 08:03 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16345 |
Actions (login required)
View Item |