Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN ANAK DIBAWAH UMUR MELAKUKAN TINDAK PIDANA (Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang)

Sabri, Fadillah and Yulmayetti, Yulmayetti and Gusti, Apriwal (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN ANAK DIBAWAH UMUR MELAKUKAN TINDAK PIDANA (Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN ANAK DIBAWAH UMUR MELAKUKAN TINDAK PIDANA (Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324Kb) | Preview

Abstract

Kejahatan merupakan gejala universal yang dilakukan manusia tanpa memandang umur. Anak merupakan pemilik masa depan bangsa harus diperhatikan perlakuan terhadap mereka yang untuk itu hendaknya diketahui penyebab anak dibawah umur melakukan kejahatan untuk dapat diberikan perlakuan yang tepat dan jenis kejahatan yang dilakukan, dalam rangka penanggulangan yang baik dan tepat. Untuk itu dilakukan penelitian di wilayah hukum pengadilan Negeri Padang berupa penelitian pustaka untuk mendapatkan data sekunder dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Kejahatan yang menonjol dilakukan oleh anak dibawah umur adalah kejahatan terhadap harta kekayaan (pencurian) disamping kejahatan terhadap nyawa dan tubuh manusia. Penyebab dari kejahatan ini adalah karena pendidikan yang rendah, pengaruh dari milleu, faktor ekonomi yang datang dari orangtua, tidak dipunyainya pedoman bagi anak dalam memecahkan dan menghadapi setiap persoalan berupa norma agama dan norma lainnya dan juga faktor emosi si anak yang tidak terkendali yang timbul dari sosialisasinya dalam rumah tangga. Hakim lebih cenderung untuk menjatuhkan putusan berupa pidana daripada tindakan karena itu lebih adil dan lebih baik bagi si anak. Perhatian dan pengawasan orangtua lebih ditingkatkan terhadap anaknya dan diberikan latihan yang dapat dimanfaatkan dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:04
Last Modified: 07 Dec 2011 08:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16351

Actions (login required)

View Item View Item