Repository Universitas Andalas

PENGATURAN PENCEMARAN UDARA DARI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Angkutan Umum di Daerah Tingkat II Kotamadya Padang)

Husin, Sukanda and Muchtar, Ruswandi and Chazuaini, Farida and Hilman, Hilman and Narsif, Narsif and Eviyardi, Eviyardi and Zulheri, Zulheri and Magdariza, Magdariza and Syofyan, Syofirman and Ferdi, Ferdi (2008) PENGATURAN PENCEMARAN UDARA DARI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Angkutan Umum di Daerah Tingkat II Kotamadya Padang). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGATURAN PENCEMARAN UDARA DARI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Angkutan Umum di Daerah Tingkat II Kotamadya Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308Kb) | Preview

Abstract

Emisi gas buangan dari kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemaran udara yang penting di kota-kota besar termasuk di Kotamadya Padang. Undang-undang No.4 tahun 1982 dibuat untuk mengatur dan mengendalikan pencemaran lingkungan secara umum. Dalam mengatur pencemaran udara dari kendaraan bermotor telah dikeluarkan pula Surat Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.002/1988 tentang Pedoman Penetapan Baku Mutu Lingkungan. Hanya saja untuk melaksanakan keputusan ini di daerah mesih diperlukan lagi seperangkat peraturan daerah agar pengendalian pencemaran udara dari kendaraan bermotor itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan daerah. Penelitian ini merupakan suatu penelitian normatif yang bertujuan untuk mengungkapkan bentuk peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pencemaran udara dari kendaraan bermotor angkutan umum secara umum dan khususnya di Kotamadya Padang. Disamping itu penelitian ini juga mengungkapkan tata laksana dari pengaturan pencemaran udara dari kendaraan angkutan umum di Kotamadya Padang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:04
Last Modified: 07 Dec 2011 08:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item