Repository Universitas Andalas

INTERPRESTASI FOTO UDARA UNTUK MENDUGA IMBANGAN SATUAN LAHAN DAN TANAH DI LERENG UTARA GUNUNG TALAMAU

Hidayat, Firman (2008) INTERPRESTASI FOTO UDARA UNTUK MENDUGA IMBANGAN SATUAN LAHAN DAN TANAH DI LERENG UTARA GUNUNG TALAMAU. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (INTERPRESTASI FOTO UDARA UNTUK MENDUGA IMBANGAN SATUAN LAHAN DAN TANAH DI LERENG UTARA GUNUNG TALAMAU) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326Kb) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul interprestasi foto udara untuk menentukan hubungan satuan lahan dan satuan tanah pada lereng utara gunung Talamau telah dilaksanakan pada bulan Juli 1991 sampai dengan bulan Agustus 1991. Lokasi penelitian terletak pada posisi 00 derajat 03'12" - 00 derajat 11'30" lintang selatan dan pada 100 derajat 01'04" - 99 derajat 52'16" bujur timur, secara administratif terletak di wilayah kecamatan Pasaman dan kecamatan Talamau. Penelitian dilaksanakan dengan metoda survei bertingkat (multy etage stratified purpose sampling). Interprestasi foto udara dilakukan dengan pendekatan fisiorgrafi berdasarkan kriteria katalog bentuk lahan (Dessaunettes, 1977). Analisa fotomorfik dengan membedakan tone foto dan tekstur foto, tipe penggunaan lahan ditetapkan dengan standar pedoman katalog tipe penggunaan lahan (F.A.D, 1989). Ada 2 keluaran hasil interprestasi foto udara secara stereoskopis dengan pendekatan fisiografi dan analisa fotomorfik, yaitu bentuk lahan dan tipe penggunaan lahan. Perubahan bentuk lahan dan tipe penggunaan lahan akan mempengaruhi sifat-sifat tanah di lapisan atas dimana sifat-sifat tanah ini tidak mampu diinterprestasi dari citra foto udara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi bentuk lahan dan tipe penggunaan lahan di lereng sebelah utara gunung Talamau dengan menggunakan foto udara sebagai sumber informasi, kemudian menguji pengaruh perubahan bentuk lahan dan penggunaan bentuk lahan terhadap sifat-sifat tanah lapisan atas. Hubungan interaktif dari bentuk, penggunaan dan sifat-sifat tanah diperlihatkan dengan besaran angka nilai koefisien kontingensinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:02
Last Modified: 07 Dec 2011 08:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item