Repository Universitas Andalas

KESESUAIAN INANG KEDELAI (Glycine max (L.) Merr.), BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.) DAN GLETAK (Borreria latifolia Schem.) SEBAGAI MAKANAN OLEH ULAT GRAYAK (Spodoptera litura Fabricius)

Yaherwandi, Yaherwandi (2008) KESESUAIAN INANG KEDELAI (Glycine max (L.) Merr.), BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.) DAN GLETAK (Borreria latifolia Schem.) SEBAGAI MAKANAN OLEH ULAT GRAYAK (Spodoptera litura Fabricius). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (KESESUAIAN INANG KEDELAI (Glycine max (L.) Merr.), BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.) DAN GLETAK (Borreria latifolia Schem.) SEBAGAI MAKANAN OLEH ULAT GRAYAK (Spodoptera litura Fabricius)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang kesesuaian inang kedelai (Glycine max (L.) Merr.), bayam duri (Amaranthus spinosus L.) dan gletak (Borreria latifolia Schem.) sebagai makanan oleh ulat grayak (Spodoptera litura Fabricius) telah dilakukan di kebun percobaan dan laboratorium Sub-Ballitan Sukarami di Gunung Medan, kenagarian Sitiung, kecamatan Pulau Punjung, kabupaten Sawahlunto Sijunjung, propinsi Sumatera Barat. Daerah ini terletak pada ketinggian 105 meter dari permukaan laut. Penelitian ini dimulai dari bulan September 1987 sampai dengan bulan Januari 1988. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Split-plot dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 15 ulangan. Petak utama adalah daun kedelai (a1), daun bayam duri (a2) dan daun gletak (a3), sedangkan anak petak adalah larva instar 3 (b1), larva instar 4 (b2), larva instar 5 (b3) dan larva instar 6 (b4). Penelitian ini menunjukkan bahwa daun bayam duri paling sesuai sebagai makanan larva Spodoptera litura, daun kedelai dikategorikan sesuai, sedangkan daun gletak dikategorikan kurang sesuai sebagai makanan larva Spodoptera litura. Timbulnya perbedaan tingkat kesesuaian tersebut adalah akibat perbedaan konsumsi, efisiensi pencernaan, efisiensi konversi makanan yang dicerna, efisiensi konversi makanan yang dimakan dan pertumbuhan larva memakan masing-masing jenis inang tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:16
Last Modified: 17 Nov 2011 12:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16392

Actions (login required)

View Item View Item