Repository Universitas Andalas

PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT DENGAN MENGGUNAKAN TANAMAN ANTAGONIS Tagetes spp.

Winarto, Winarto (2008) PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT DENGAN MENGGUNAKAN TANAMAN ANTAGONIS Tagetes spp. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT DENGAN MENGGUNAKAN TANAMAN ANTAGONIS Tagetes spp.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengendalian nematoda bengkak akar (Meloidogyne spp.) pada tanaman tomat dengan menggunakan tanaman antagonis Tagetes spp. telah dilakukan di lahan petani daerah Padang Luar, Bukittinggi dan Laboratorium Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan Mei sampai Juli 1995. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanaman antagonis Tagetes spp. dalam menekan populasi nematoda Meloidogyne spp. dalam tanah dan untuk mengetahui saat yang tepat penanaman tanaman antagonis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan tersebut adalah tanpa menanam Tagetes spp., ditanam 14 hari sebelum tanaman tomat, bersama-sama tanaman tomat dan 14 hari sesudah tanaman tomat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanaman Tagetes spp. dapat menekan populasi nematoda Meloidogyne spp. dalam tanah dan waktu yang efektif untuk penanamannya adalah 14 hari sebelum tanam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:15
Last Modified: 17 Nov 2011 12:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item