Repository Universitas Andalas

PERANAN PAJAK DAERAH DALAM MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH TINGKAT II KOTAMADYA PADANG

Anwar, Thamran (2008) PERANAN PAJAK DAERAH DALAM MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH TINGKAT II KOTAMADYA PADANG. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PERANAN PAJAK DAERAH DALAM MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH TINGKAT II KOTAMADYA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1905Kb) | Preview

Abstract

Essensi yang terkandung dalam otonomi daerah adalah daerah tersebut berwenang mengatur dan mengurus urusan rumah tangga sendiri. Dalam pengertian itu juga terkandung makna daerah mampu membiayai urusan rumah tangganya sendiri. Untuk itu daerah perlu memiliki sumber keuangan sendiri. Salah satu sumber keuangan daerah berasal dari Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah berasal dari pos-pos penerimaan diantaranya adalah pos pajak daerah. Secara formal oleh pusat telah diserahkan kepada Daerah Tingkat II sebanyak 44 jenis pajak, tetapi undang-undang yang dikehendaki oleh Undang-undang No.5 tahun 1974 untuk mengatur pajak daerah sampai saat ini belum lagi dibentuk. Sehingga dari segi materi penyerahan pajak daerah itu dirasa kurang relevan lagi dengan kebutuhan daerah untuk melaksanakan otonominya. Di Daerah Tingkat II Kotamadya Padang dari 44 jenis pajak daerah itu hanya terdapat 11 jenis pajak daerah yang dipungut. Untuk sementara Pajak Radio tidak dipungut, sehingga efektifnya hanya 10 jenis yeng dipungut oleh daerah. Jenis pajak yang tidak dipungut disebabkan disamping objeknya tidak terdapat, ada kalanya pajak tertentu dibekukan atau dicabut oleh pemerintah atau daerah tingkat atasnya. Dari 11 jenis pajak yang dipungut hanya 4 jenis pajak yang potensial yaitu pajak penerangan jalan, pajak pertunjukan/keramaian umum/pajak tontonan, pajak pembangunan I dan pajak reklame. Keempatnya memberikan sumbangan sebesar 90 sampai dengan 95 %. 7 jenis pajak lain hanya menyumbang sekitar 5 sampai dengan 10 % dan ada pajak yang sumbangannya sangat kecil, seperti pajak anjing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Nov 2011 12:09
Last Modified: 19 Nov 2011 12:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item View Item