Repository Universitas Andalas

EFEK IRRADIASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.) GENERASI M2

Chan, Aziz (2008) EFEK IRRADIASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.) GENERASI M2. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (EFEK IRRADIASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.) GENERASI M2) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Penelitian efek irradiasi terhadap pertumbuhan dan produksi kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) generasi M2 telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Limau Manis Padang, mulai bulan Maret sampai Juli 1995. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan keragaman genotip tanaman kacang hijau yang mengarah pada pembentukan varietas genjah dan produksi tinggi. Perlakuan adalah kacang hijau varietas Nuri hasil irradiasi dengan sinar gamma 20 krad, 40 krad dan kontrol (tanpa irradiasi), ditanam secara kelompok dan dihitung tingkat keragaman genotipnya dan untuk menentukan ada atau tidaknya perbedaan genetik baik antar kelompok maupun dalam kelompok genotip dilakukan analisis data dengan kriteria klasifikasi tunggal (sidik ragam bagi sejumlah group dengan ulangan tidak sama). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahwa irradiasi sinar gamma dapat menimbulkan keragaman genetik terhadap pertumbuhan dan produksi dari tanaman kacang hijau varietas Nuri pada generasi M2, (2) kelompok genotipe B5 mempunyai nilai keragaman genetik tertinggi untuk setiap parameter yang diamati.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Nov 2011 22:58
Last Modified: 23 Nov 2011 22:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item