Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BELUM DEWASA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sumbar)

Sarmida, Neng and Yulmayetti, Yulmayetti and Daniel, Elwi and Yandriza, Yandriza and Yoserwan, Yoserwan (2008) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BELUM DEWASA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sumbar). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BELUM DEWASA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sumbar)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471Kb) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh peradilan di Indonesia, khususnya peradilan anak yang pelakunya orang yang belum dewasa, sampai saat ini yang baru ada hanya rancangan undang-undang tentang peradilan ini, sedangkan mengenai pengusutan ditingkat pendidikan belum ada peraturannya, sehingga menimbulkan kesulitan bagi para penegak hukum terutama penyidik dalam melakukan penyelidikan masih berpedoman kepada Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang seharusnya dasar hukum ini berlaku dalam memproses pelaku tindak pidana yang sudah dewasa. Disamping itu dalam prakteknya tidak ada atau belum ada kesatuan pendapat dari penegak hukum terutama dalam tahap penyidikan ini kalau dibiarkan berlama-lama akan menimbulkan ketidakpastian. Ada beberapa asumsi penyebabnya ialah, karena tidak adanya peraturan yang mengatur tentang batas umur orang yang belum dewasa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Nov 2011 08:07
Last Modified: 28 Nov 2011 08:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item View Item