Repository Universitas Andalas

PERKEMBANGAN PENGISIAN KEANGGOTAAN DPRD PROPINSI DAERAH TINGKAT I SUMATERA BARAT DALAM MASA EMPAT PERIODE TERAKHIR (1977 s/d 1997)

Hosen, Tarmizi (2008) PERKEMBANGAN PENGISIAN KEANGGOTAAN DPRD PROPINSI DAERAH TINGKAT I SUMATERA BARAT DALAM MASA EMPAT PERIODE TERAKHIR (1977 s/d 1997). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PERKEMBANGAN PENGISIAN KEANGGOTAAN DPRD PROPINSI DAERAH TINGKAT I SUMATERA BARAT DALAM MASA EMPAT PERIODE TERAKHIR (1977 s/d 1997)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414Kb) | Preview

Abstract

Eksistensi DPRD senantiasa up to date untuk dikaji, terutama pelaksanaan fungsi dari DPRD itu sendiri. Hal ini disebabkan DPRD selaku lembaga untuk mewujudkan aspirasi, keinginan dan kebutuhan rakyat, harus mampu mengikuti gerak perubahan dari aspirasi, keinginan dan kebutuhan rakyat di daerah yang bersangkutan. Satu sisi kajian yang menarik adalah menelaah pengisian keanggotaan DPRD Propinsi Daerah Tingkat I Sumatera Barat dan perkembangannya dalam kurun waktu empat periode keanggotaan DPRD terakhir. Adapun tujuan yang hendak dicapai, meliputi untuk mengetahui perkembangan pengisian keanggotaan DPRD Propinsi Daerah Tingkat I Sumatera Barat dalam masa empat periode terakhir, selanjutnya dianalisis bagaimana keterikatan antara yang diwakili dengan yang mewakili, kemudian dilanjutkan bagaimana rumusan idealnya pengisian keanggotaan DPRD di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis, dengan teknik pengumupulan datanya melalui studi dokumen dan data sekunder sebagai data utama. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif, sedangkan dianalisis secara deskriptif-analitis. Hasil dan pembahasan telah menunjukkan bahwa pengaturan pengisian keanggotaan DPRD perlu ditinjau untuk disempurnakan, terutama untuk mencantumkan sistem distrik disamping sistem proporsional dengan stelsel daftar serta sistem pengangkatan anggota ABRI hendaknya lebih proporsional di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Nov 2011 12:44
Last Modified: 29 Nov 2011 12:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16573

Actions (login required)

View Item View Item