Repository Universitas Andalas

PRAKTEK PERKAWINAN DAN PERCERAIAN SECARA INFORMAL (STUDI KASUS DI KECAMATAN 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN)

Razak, Syahrial (2008) PRAKTEK PERKAWINAN DAN PERCERAIAN SECARA INFORMAL (STUDI KASUS DI KECAMATAN 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PRAKTEK PERKAWINAN DAN PERCERAIAN SECARA INFORMAL (STUDI KASUS DI KECAMATAN 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388Kb) | Preview

Abstract

Sejak berlakunya Undang-Undang Perkawinan No.1 Tahun 1974, di Indonesia telah terdapat suatu unifikasi hukum tentang perkawinan dan perceraian. Namun dalam prakteknya terdapat pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan tersebut. Untuk itu akan dikaji bagaimana bentuk dan cara pelaksanaan perkawinan dan perceraian tersebut serta faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya. Untuk memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan peneliti mempergunakan metode deskriptif kualitatif. Sampelnya berupa Purposive Sample, yang penentuannya dengan teknik Snowball Sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan, kemudian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan memang cukup banyak terjadi perkawinan dan penceraian secara informal dengan bentuknya berupa kawin lagi lebih dari seorang dan kawin lagi setelah perkawinan putus. Sementara dibidang perceraian dilakukan dengan cara menjatuhkan talak dihadapan istrinya dan juga ada yang berupa dengan meninggalkan sepucuk surat. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perkawinan secara informal pada umumnya disebabkan faktor keagamaan dan birokratis. Sedangkan untuk perceraian lebih dominan disebab kan birokratis dan ekononis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Nov 2011 12:43
Last Modified: 29 Nov 2011 12:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16576

Actions (login required)

View Item View Item