Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN BANTUAN HUKUM YANG DIATUR KUHAP PADA PEMERIKSAAN PENYIDIKAN DI POLRESTA PADANG

Boer, Arlizar and Usman, Masri and Gusti, Apriwal and Sabri, Fadillah and Yusrida, Yusrida (2008) PELAKSANAAN BANTUAN HUKUM YANG DIATUR KUHAP PADA PEMERIKSAAN PENYIDIKAN DI POLRESTA PADANG. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN BANTUAN HUKUM YANG DIATUR KUHAP PADA PEMERIKSAAN PENYIDIKAN DI POLRESTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Bantuan hukum merupakan salah satu hak asasi manusia, maka dalam pelaksanaannya tidak dikehendaki adanya diskriminatif dan pelaksanaan ketentuan yang telah mengaturnya belum lagi dilakukan secara benar dan tepat dalam prakteknya. Tersangka pada umumnya tidak mengetahui akan haknya untuk mendapatkan bantuan hukum tidak didukung oleh peran penyidik untuk memberitahukan hak tersebut. Disamping itu, kepada tersangka yang memenuhi syarat tertentu tidak dapat diberikan seorang penasehat hukum yang memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma karena tidak tersedianya dana untuk biaya tersebut. Pemeriksaan terhadap tersangka masih ada yang dilakukan pada malam hari dan kehadiran penasehat hukum tidak dapat diharapkan untuk memberikan kontrol karena adanya hambatan. Dalam pelaksanaan bantuan hukum ini masih terdapat halangan, baik dari segi ekonomi si tersangka maupun ketidaktahuannya dan kepercayaannya kepada penasehat hukum. Tekanan untuk menyetujui dan menandatangani berita acara pemeriksaan masih saja berjalan, sedangkan dalam hal ini penasehat hukum tidak terlihat perannya. Dalam pemeriksaan ternyata penasehat hukum telah berperan dalam menjawab pertanyaan tersangka dan meluruskan jawaban tersangka walaupun terjadi ketegangan antara penasehat dengan penyidik. Untuk kepentingan pembelaan nantinya di persidangan tidak mendapat dukungan dalam penyidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Dec 2011 00:43
Last Modified: 03 Dec 2011 00:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item View Item