Repository Universitas Andalas

PENGESAHAN HAK MILIK SECARA FIDUCIA TERHADAP TOKO/KIOS SEBAGAI JAMINAN KREDIT DI KOTAMADYA PADANG

Saptomo, Adi (2008) PENGESAHAN HAK MILIK SECARA FIDUCIA TERHADAP TOKO/KIOS SEBAGAI JAMINAN KREDIT DI KOTAMADYA PADANG. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGESAHAN HAK MILIK SECARA FIDUCIA TERHADAP TOKO/KIOS SEBAGAI JAMINAN KREDIT DI KOTAMADYA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377Kb) | Preview

Abstract

Dalam praktek perbankan, selain hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai dan sebagainya ternyata hak milik atas toko/kios serta hak sewa atas toko/kios telah dijadikan objek untuk jaminan kredit. Hal ini menarik perhatian bagi para praktisi maupun teoritisi hukum untuk mengetahui lebih dalam, karena pada umumnya hak milik yang berupa bangunan sebuah toko masih jarang difiduciakan bahkan hak sewa yang merupakan hak bersifat pribadi (persoonlijk recht) dan merupakan objek yang hanya berlaku untuk orang dengan siapa kontrak itu dilakukan/dilangsungkan, ternyata telah dipergunakan pula dalam sistem undang-undang pokok agraria dan peraturan pelaksanaannya yang mengatur hak yang bersifat kebendaan (zakolijk recht) yang berarti berlaku untuk semua orang yang tidak turut serta dalam kontrak. Walaupun demikian, tentu ada persetujuan dan pengaturan lebih lanjut antara penyewa toko/kios, pemilik gedung dimana toko/kios terletak maupun pihak bank sebagai kreditur. Dalam perkembangan baru hukum jaminan di Indonesia, ternyata telah menunjukkan gejala hukum baru bahwa sekarang hak sewa atas toko/kios dapat digunakan pihak penyewa sebagai jaminan kredit untuk mengambil utang di bank. Dengan demikian hak sewa yang berjangka panjang sudah merupakan asset tersendiri dalam perbankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 02 Dec 2011 16:38
Last Modified: 02 Dec 2011 16:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16594

Actions (login required)

View Item View Item